Selasa, 26 April 2011

algoritma dan pemograman

Algoritma & Pemrograman (Bhs C)

Algoritma dan Pemrograman (Bhs C)
Algoritma mempunyai peranan yang sangat penting dalam bidang informatika pada umumnya dan bidang pemrograman pada khususnya.
Algoritma membantu mahasiswa mengembangkan daya penalaran atau kerangka berpikir yang sistematis dalam memahami masalah, dan membuat perencanaan atau konsep pemecahan masalah yang lebih baik, sehingga dapat membawa hasil yang tepat pula.
Bahasa pemrograman merupakan hal yang fundamental dalam pengajaran sebuah institusi pendidikan bidang komputer.
Kemampuan dalam menguasai suatu bahasa pemrograman merupakan hal yang mutlak bagi seorang mahasiswa informatika. Bila Anda sudah mengenal dan menguasai bahasa C, Anda akan lebih cepat paham saat mempelajari pemrograman internet menggunakan script php, serta pemrograman berorientasi objek dan mobile programming (pemrograman pada perangkat seluler/handphone)

Logika Matematika

Logika Matematika
Dalam dunia informatika atau ilmu komputer, mata kuliah logika biasa dikenal dengan istilah Logika Matematika. Logika ini mempunyai peranan sangat mendasar dalam perkembangan teknologi komputer, karena logika digunakan dalam berbagai aspek di lingkungan komputer seperti pada Arsitektur Komputer, Pemrograman, Basisdata, dan sebagainya.

Arsitektur Komputer

Arsitektur Komputer
Organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer,contoh : sinyal kontrol, prosesor, interface komputer dan peripheral, teknologi memori yang digunakan.
Arsitektur komputer mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program, contoh : set instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk merepresentasikan bermacam-macam jenis data (misal bilangan, karakter), aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Arsitektur komputer dapat bertahan bertahun-tahun tapi organisasi komputer dapat berubah sesuai dengan perkembangan teknologi.
Pabrik komputer memproduksi sekelompok model komputer, yang memiliki arsitektur sama tapi berbeda dari segi organisasinya yang mengakibatkan harga dan karakteristik unjuk kerja yang berbeda.

Struktur Data

Struktur Data
(Antonius Rachmat C.)
Mahasiswa mampu memahami logika berpikir komputer, memahami prinsip kerja program, memahami alasan-alasan komputer dapat mengerjakan perintah-perintah yang diberikan, dan mampu menggambarkan logika jalannya program secara tertulis dengan algoritma (pseudo code) dan dilengkapi dengan diagram alir (flow chart) .
Perkenalan
Pengantar Algoritma dan Pemrograman
- Apa itu algoritma
- Kegunaan dan contoh
- Apa yang akan dipelajari selama kuliah
Flowchart dan Bahasa Pemrograman
- Flowchart
- Bahasa Pemrograman 3 GL dan Contohnya
- Mengenal C++ dan C#
Tipe Data, Keyword, Operator dan Kondisi (Percabangan)
- Tipe Data dan keyword
- Operator dan Derajatnya
- IF tunggal, bertingkat
- Multiple Conditions
- Switch Case
- Contoh-contoh dan latihan!
Perulangan (looping)
- For, While, DoWhile
- Break dan Continue
- Nested Loop
- Contoh kasus dan latihan!
Array 1 : Array 1 dimensi dan operasinya
- Definisi dan deklarasi
- Kegunaan, sifat-sifat Array 1 dimensi
- Contoh-contoh : add, search, edit, delete
Array 2 dimensi dan Manipulasi String
- Apa itu String
- Berbagai hal menarik tentang String
Prosedur dan Fungsi
- Procedure (void)
- Function (non-void)
- Parameter: formal dan aktual
- Latihan
ADT (Abstract Data Type) dan Stack dengan Array
- Definisi dan Deklarasi
- Kegunaan, sifat-sifat
- Contoh-contoh
- Stack dan kegunaanya
Struktur Data Antrian dengan Array
- Pengertian Antrian dan sifatnya
- Deklarasi
- Contoh penggunaan
Sorting dan Searching Array
- Bubble Sort
- Selection Sort
- Insertion Sort
- Quick Sort
- Searching sekuensial
Function by Reference
- Pengertian dan sifat-sifat
- Contoh-contoh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar